Apa itu Strategic Planning dan Information Systems Strategic Plan?

Solusi yang diberikan oleh system analyst dapat terkait dengan business process reengineering (BPR), yang merupakan teknik yang digunakan untuk mencari alternatif aktivitas lain (berbeda dengan serangkaian aktivitas normal yang dilakukan) dari fungsi bisnis yang harus dijalankan guna memberikan peningkatan kinerja. Tujuan dari studi ini adalah radical improvement dan bukan hanya incremental improvement.

Dengan adanya BPR ini, tidak jarang analyst harus mendiskusikannya dengan para executives terlebih dahulu untuk dapat dibuat sebuah strategic planning ataupun information systems strategic plan yang matang terkait dengan rencana penerapan solusi yang direkomendasikan.

Strategic planning merupakan sebuah proses dimana executives akan berusaha untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar perusahaan, terkait seperti bagaimana posisi bisnis sekarang, posisi bisnis seperti apa yang ingin dicapai, dan apa yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai posisi yang diinginkan tersebut. Sementara itu information systems strategic plan merupakan perencanaan yang mendefinisikan teknologi dan aplikasi-aplikasi apa saja yang dibutuhkan oleh sistem informasi yang dibangun guna mendukung pencapaian strategic plan dari perusahaan.

Ada dua (2) perencanaan yang harus dibuat di dalam information systems strategic plan, yaitu application architecture plan dan technology architecture plan. Application architecture plan merupakan deskripsi dari sistem informasi terintegrasi yang dibutuhkan perusahaan guna menjalankan fungsi bisnisnya sesuai dengan harapan yang diinginkan. Sementara itu, technology architecture plan merupakan deskripsi hardware, software, dan communication networks yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan sistem informasi yang sudah direncanakan.

Leave a Reply