Apa yang disebut dengan Functional Decomposition dan System Boundary?

Apabila pada saat proses perancangan sebuah sistem dirasa memiliki lingkup yang terlalu luas atau kompleks, maka dilakukan functional decomposition terlebih dahulu untuk memudahkan di dalam pengembangannya.

Functional decomposition merupakan pembagian sebuah sistem menjadi kelompok-kelompok komponen berdasarkan subsystems yang telah terbagi lebih lanjut ke dalam subsystems yang lebih kecil. Contohnya Sistem Informasi PT XYZ terbagi ke dalam empat subsystems yaitu Customer Relationship Management System, Accounting and Financial Management System, Manufacturing Management System, dan Human Resource Management System; dimana Customer Relationship Management System-nya di-functional decomposition menjadi Sales Management System, Account Management System, Product Information System, dan Technical Support System.

Lebih lanjut, setiap sistem yang dibangun akan memiliki pembatas antara dirinya dengan lingkungannya. Pembatas ini dapat berupa system boundary ataupun automation boundary. System boundary merupakan pemisahan antara sistem dengan lingkungannya, dimana garis batasnya ditentukan dari papasan antara input dan output-nya. Sementara itu, automation boundary merupakan pemisahan antara bagian yang terotomatisasi dengan bagian yang manual dari sebuah sistem.

Leave a Reply