+62 812 2116 0659 Jakarta, Indonesia arief@omeblo.com

Memangnya Beda Ya Product dengan Project Management?

Banyak orang mungkin masih menyalahartikan bahwa product management dan project management merupakan satu hal yang sama.

NO!

Keduanya sangat berbeda.

Walaupun berbeda, namun skill yang diterapkan dalam project management tetap dibutuhkan saat kita mengembangkan sebuah produk.

Yuk kita pelajari lebih lanjut, product manager merupakan seseorang yang bertanggung jawab atas kesuksesan sebuah produk yang mana kesuksesan seorang product manager ditentukan apabila ia mampu mencapai suatu metrics. Product manager dibebaskan untuk menggunakan metode dan tools apa saja untuk ia gunakan agar team yang dipimpinnya mampu mencapai metrics tersebut.

Contohnya, jika kamu punya toko online dan dihire sebagai product manager lalu kamu ditugaskan untuk meningkatkan konversi checkout sebesar 20%.

Sebagai seorang product manager kamu akan mulai melakukan user research, melihat metrics – metrics hingga akhirnya bisa menyimpulkan bahwa halaman check out harus didesain ulang di beberapa bagiannya dikarenakan membingungkan bagi user, atau ternyata kamu menyimpulkan bahwa checkout service harus ditambah jumlah servisnya atau bisa juga server yang ditingkatkan karena loading di website sangat lama sehingga membuat banyak pengunjung website pergi sebelum menyelesaikan transaksi.

Nah, disinilah kamu sebagai product manager menentukan mana solusi yang terbaik dan jika kamu berhasil melakukan peningkatan konversi hingga 20% maka kamu sukses sebagai product manager.

 

 

Sementara itu berbeda dengan project manager, project manager bertanggung jawab untuk menyelesaikan sebuah project bukan sebuah goal/target. Seorang project manager harus bisa menemukan metode terbaik menyelesaikan project dengan mempertimbangkan timeline dan cost yang dibatasi. Seorang project manager harus juga bisa mempertimbangkan masalah – masalah yang kemungkinan akan muncul selama proses pengerjaan.

Contohnya, jika kamu menjadi project manager dalam membuat sebuah aplikasi mobile, maka kamu sudah menentukan fitur – fitur apa saja yang akan ada di aplikasi tersebut. Project manager harus bisa memanage proses pengerjaan untuk menyelesaikan tiap fitur selesain sebelum deadline dan bekerja sesuai dengan ekspektasi client.

Project manager juga harus mampu mendeteksi dan membatasi proses pengerjaan project tidak melebihi dana yang ada, jadi kamu sebagai project manager tidak mungkin melakukan eksperimen – eksperimen selama proses pengerjaan karena hal ini akan membuat timeline molor dan budget bisa jebol. Hal ini berarti project manager harus sudah memutuskan setiap solusi untuk fitur – fitur yang diterapkan seperti algoritma yang digunakan, tools yang dipakai, third party yang akan diintegrasikan akan berjalan dengan baik.

So, jadi itu dia perbedaan antara project manager dan product manager ya. Semoga bermanfaat

Leave a Reply