Siapa itu Product Manager?

Product Manager lumayan sulit sebenarnya untuk didefinisikan, karena fungsi product manager dapat berbeda – beda di berbagai perusahaan maupun industri. Selain fungsinya dalam pengembangan produk, tanggung jawab yang diemban product manager juga bisa berbeda – beda.

Contohnya product manager dalam startup yang masih baru akan berbeda dari startup yang sudah berkembang pesat. Product manager dalam startup yang baru biasanya akan memimpin pengembangan produk secara keseluruhan, sementara product manager di startup yang berkembang biasanya bertanggung jawab pada fungsi tertentu saja.

Product manager merupakan “manager of nobody”, yang berarti product manager sama sekali tidak menjadi manager siapapun melainkan menjadi penghubung diantara berbaagai elemen di dalam perusahaan. Product manager secara terus menerus harus berinteraksi dengan berbagai macam orang dan bisa membentu kolaborasi yang maksimal diantara elemen – elemen yang terlibat dalam pengembangan produk seperti developer, designer, QA, dll.

Product Manager Circle

Diambil dari http://www.mindtheproduct.com/2011/10/what-exactly-is-a-product-manager/

Seperti bisa dilihat dari diagram diatas, posisi product management berada diirisan dari elemen – elemen lain di perusahaan. Oleh karena itu, biasanya seorang PM haruslah memahami ketiga hal tersebut agar mampu memimpin dan mengorganisir dengan baik.

Apa yang akan terjadi jika PM tidak memahami salah satu atau bahkan lebih dari elemen di atas?

Akibatnya, ide produk yang dikembangkan dari PM tersebut bisa saja akan mengalami masalah pada bidang yang tidak dikuasainya tersebut. Misalnya, PM yang lemah dari sisi bisnis akan kesulitan melihat apa yang sesungguhnya dibutuhkan oleh user dan kesulitan menentukan apakah idenya tersebut mau dibeli oleh user. Sementara PM yang lemah pada sisi teknologi bisa saja mengajukan ide yang sangat sulit diimplementasikan oleh developer dan tidak bisa mengatur timeline sprint.

Pada dasarnya, product manager merupakan seseorang yang paling bertanggung jawab atas kesuksesan atau kegagalan produk yang dikembangkannya.

1 Response

Leave a Reply