Tipe – Tipe Product Manager

Sebelumnya, kita sudah sama – sama mengenal siapa itu product manager, nah kali ini saya ingin mengajak kalian mengenal beberapa tipe product manager. Apa saja itu?

1. Internal product manager

Internal produk manager merupakan product manager yang biasanya memimpin pembangunan tools untuk anggota perusahaan atau organisasinya. Tools – tools yang dikembangkan akan digunakan oleh pegawai perusahaan itu sendiri untuk meningkatkan kualitas operasional perusahaan.

Contohnya, PMs yang mengembangkan produk POS yang digunakan di gerai – gerai perusahaan, PMs yang memimpin pengembangan aplikasi SDM di perusahaan, dll.

2. Consumer product manager

Consumer product manager mengembangkan produk yang nantinya akan digunakan secara massal, contohnya facebook, instagram, spotify, dll.

Consumer product manager agak tricky, karena user yang sangat beragam maka dibutuhkan visi dan kreatifitas dari PMs untuk bisa mengetahui apa yang diinginkan user dan apa saja keluhan yang dialami selama ini.

Semua ide yang dimiliki haruslah divalidasi dengan benar karena tidak ada satu orang pun yang mampu memprediksi dengan tepat apakah suatu ide benar – benar akan memiliki dampak yang besar pada user. PMs harus banyak melakukan survey pada user, melakukan user testing, A/B testing dan menganalisa banyak data.

3. Business to business product manager (SASS PMs)

SASS PMs memimpin pengembangan produk yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan – perusahaan lain yang menjadi klien. Contohnya seperti Salesforce, Oracle, dll. Produk – produk yang dikembangkan biasanya dirancang untuk memecahkan masalah khusus pada perusahaan lain.

Oleh karena itu PMs harus banyak berinteraksi dengan tim sales agar mengetahui kebutuhan apa yang dibutuhkan oleh klien dan juga untuk mengetahui apakah produk yang dikembangkan sudah memenuhi kebutuhan klien.

Leave a Reply